ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KUALITAS PRODUK MASKER ORGANIK DI KOTA MATARAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut kualitas produk yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli masker organik , untuk mengetahui hubungan kepuasan konsumen dengan atribut-atribut kualitas produk masker organik dan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam membeli masker organik di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram dengan menetapkan 3 kecamatan sebagai lokasi penelitian ditentukan secara “purposive sampling” dengan pertimbangan bahwa kecamatan tersebut memiliki konsumen terbanyak yaitu Kecamatan Sekarbela, Kecamatan Mataram dan Kecamatan Selaparang. Penentuan responden ditentukan dengan menggunakan “rumus Slovin” dan untuk menentukan jumlah responden pada setiap kecamatan di Kota Mataram ditentukan dengan teknik “proporsional random sampling”. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara uji Validitas dan Realibilitas, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 atribut yang ada, hanya 20 atribut kualitas produk yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli masker organik, hubungan kepuasan dengan atribut kualitas produk dipetakan ke dalam diagram kartesius yang terbagi menjadi empat kuadran meliputi kuadran I; prioritas utama, kuadran II; pertahankan prestasi, kuadran III; prioritas rendah, dan kuadran IV berlebihan dan tingkat kepuasan konsumen terhadap masker organik adalah 0.81 puas karena berada pada rentang 0.65-0.84.