KESEMPATAN KERJA DAN PENDAPATAN PELAKU PEMASARAN AGRIBISNIS ONLINE DI KOTA MATARAM

  • Silvia Dinan Sari Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Anas Zaini Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ibrahim Ibrahim Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: Kesempatan Kerja, Go-Food, Grab Food

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis kesempatan kerja dari pelaku pemasaran agribisnis online (driver Go-Food dan driver Grab Food) di Kota Mataram; dan (2) menganalisis pendapatan dari pelaku pemasaran agribisnis online (driver Go-Food dan driver Grab Food)  di Kota Mataram. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data di analisis dengan menggunakan perhitungan HKO (Hari Kerja Orang) dan dengan menggunakan analisis biaya dan pendapatan.

            Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram, karena saat ini di Kota Mataram sedang gencar-gencarnya penggunaan fitur layanan Go-Food dan Grab Food. Pengambilan responden dalam penelitian ini dengan cara accidental sampling. Sedangkan penentuan jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 40 responden dengan menggunakan quota samplin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kesempatan kerja/peluang kerja dari pelaku pemasaran agribisnis online di Kota Mataram berdasarkan perhitungan sebesar 5.920 HKO dengan hasil perhitungan HKO untuk per individu sebesar 1,6 HKO/orang dengan rata-rata jam kerja sehari selama 11.45 jam/hari; dan (2) Rata-rata pendapatan yang diterima oleh pelaku pemasaran agribisnis online di Kota Mataram per bulan sebesar Rp 2.131.449

Cover depan V21 N2 Agustus 2020-1
Published
2020-09-24