PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PESTISIDA PT SAKA SAKI DESA MAMBEN LAUK KECAMATAN WANASABA

  • Nanda Farras Ulya Putri Universitas Mataram
  • Taslim Sjah Universitas Mataram
  • Sri Maryati Universitas Mataram
Keywords: Harga, Promosi, Pembelian, Pestisida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor harga terhadap pembelian produk pestisida serta pengaruh faktor promosi terhadap pembelian produk pestisida PT Saka Saki di CV Alam Raya Agriculture. Populasi penelitian ini adalah konsumen pestisida PT Saka Saki, Desa Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 konsumen. Data dianalisis dengan analisis regresi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan CV Alam Raya Agriculture selaku distributor dari PT Saka Saki melakukan penetapan harga pestisida dengan harga yang terjangkau dan penetapan harga yang sama pada kelima toko pestisida yang merupakan sub distributor CV Alam Raya Agriculture yaitu Bintang sebesar Rp. 80.000, Cylate Rp. 35.000, Surya Rp. 75.000, dan Red Bell Rp. 80.000.  Harga tersebut berpengaruh secara nyata terhadap pembelian pestisida, terdapat 51% konsumen menyatakan harga pestisida terjangkau dan 49% konsumen menyatakan sebaliknya. Bentuk promosi yang dilakukan CV Alam Raya Agriculture terhadap produk pestisida PT Saka Saki adalah dengan melakukan penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan (demplot), dengan sarana promosi yaitu kaos produk, baliho, iklan, umbul-umbul, promosi tersebut berpengaruh secara nyata terhadap pembelian pestisida. Promosi merupakan alasan terbanyak dalam pembelian pestisida merek Bintang, Surya, Red Bell, sedangkan merek Cylate dibeli dengan kualitas bagus sebagai alasan terbanyak

Published
2023-08-31

Most read articles by the same author(s)