ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP TEMBAKAU RAKYAT “KASTURI” DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

  • Linda Rusiani Universitas Mataram
  • Tajidan Tajidan Universitas Mataram
  • Rosmilawati Rosmilawati Universitas Mataram
Keywords: Kepuasan Konsumen, CSI, IPA, Tembakau Rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui atribut-atribut tembakau rakyat “Kasturi” yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli tembakau rakyat “Kasturi” di Kecamatan Pringgasela, 2) Untuk mengetahui atribut-atribut tembakau rakyat “Kasturi” yang perlu untuk diperbaiki guna meningkatkan kepuasan konsumen tembakau rakyat “Kasturi” di Kecamatan Pringgasela, 3) Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi tembakau rakyat “Kasturi” di Kecamatan Pringgasela. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pringgasela. Penentuan responden ditetapkan sebanyak 70 responden, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: 1) Uji Validitas dan Reliabilitas, 2) Uji Importance Performance Analysis (IPA) dan 3) Uji Customer Statisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Atribut-atribut produk yang menentukan kepuasan konsumen terdapat pada kuadran II meliputi 5 atribut, 2) Atribut-atribut produk yang perlu untuk diperbaiki guna meningkatkan kepuasan konsumen tembakau rakyat “kasturi” terdapat pada kuadran I dan III meliputi 5 atribut, 3) Tingkat kepuasan konsumen terhadap tembakau rakyat “kasturi” di Kecamatan Pringgasela menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen merasa sangat puas terhadap tembakau rakyat “kasturi”, hal ini dapat dilihat dari nilai CSI sebesar 76,43% dengan rentang skala 75-100%.

Published
2021-09-03