EKSPLORASI KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN GENERASI MUDA TERHADAP KONSUMSI KOPI ARABIKA

  • F.X. Edy Fernandez Universitas Mataram
  • Dudi Septiadi Universitas Mataram
Keywords: customer satisfaction index, generasi muda, kopi arabika, perilaku konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik responden serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen generasi muda dalam mengonsumsi kopi Arabika di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur kepuasan pelanggan berdasarkan enam atribut utama, yaitu aroma, cita rasa, harga, cara penyeduhan, cara penyajian, dan penambahan bahan lainnya. Sampel penelitian berjumlah 30 responden yang dipilih secara purposive, terdiri dari berbagai karakteristik usia, pekerjaan, tingkat pendapatan, dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah laki-laki (66,7%), berusia 15–24 tahun (70%), dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000 – Rp. 2.500.000 (50%). Karakteristik ini mengindikasikan bahwa generasi muda mendominasi segmen konsumen kedai kopi di Kota Mataram. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan nilai 86,9, yang mengindikasikan tingkat kepuasan konsumen berada pada kategori sangat puas. Atribut aroma dan cita rasa memiliki skor tertinggi, menunjukkan bahwa kualitas produk kopi Arabika memainkan peran dominan dalam membentuk kepuasan konsumen. Sementara itu, atribut cara penyeduhan dan cara penyajian memperoleh skor yang lebih rendah, namun tetap berkontribusi dalam pengalaman konsumsi kopi.

Published
2024-12-17

Most read articles by the same author(s)