ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI JAGUNG LAHAN KERING DI KECAMATAN ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA

  • Ulfi Kariska Sari Universitas Mataram
  • Bambang Dipokusumo Universitas Mataram
  • Dudi Septiadi Universitas Mataram
Keywords: Tingkat Kesejahteraan, Rumah Tangga, Jagung, Pendapatan, Kontribusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui besar pendapatan dan kontribusi pendapatan usahatani jagung terhadap pendapatan rumah tangga petani jagung di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa; (2) Mengetahui tingkat kesejahteraan rumah tangga petani jagung terhadap pendapatan rumah tangga petani jagung di Kecamatan Alas Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah rumah tangga petani jagung di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Metode penentuan daerah penelitian yaitu dengan metode purposive sampling atau sengaja. Metode penentuan jumlah responden dilakukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu dengan jumlah kelompok tani sebanyak 123. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik survei yaitu dengan wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendapatan rumah tangga petani jagung di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa bersumber dari pendapatan usahatani sendiri (jagung dan padi), usahatani diluar usahatani sendiri (buruh tani), dan dari luar kegiatan usahatani/ non pertanian. Pendapatan petani yang berasal dari kegiatan usahatani sendiri memberikan kontribusi lebih besar (75%) dibandingkan dengan pendapatan yang berasal dari kegiatan lainnya (buruh tani dan luar pertanian) dengan persentase tertinggi yaitu 46% dari usahatani jagung. Pendapatan yang berasal dari usahatani diluar usahatani sendiri memberikan kontribusi 3% dan dari luar usahatani/pertanian memberikan kontribusi 23%. (2) Berdasarkan kriteria Sajogyo (1982), petani jagung di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa tergolong tidak miskin yaitu memiliki rata-rata pendapatan yang disetarakan dengan beras per tahun lebih dari standarisasi yang sudah ditentukan sebesar 480 kg beras per tahun. Berdasarkan kriteria BPS (2022) rumah tangga petani jagung di Kecamatan Alas Barat masuk dalam kategori sejahtera yaitu dengan rata-rata pengeluaran rumah tangga petani jagung sebesar 21.215.018/tahun. Atau pengeluaran pangan dan non pangan lebih dari standarisasi yang telah ditentukan BPS yaitu Rp 505.469/kapita/bulan atau Rp 6.065.628/kapita/tahun.

Published
2023-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>