ANALISIS DAYA SAING EKSPOR UDANG VANAME INDONESIA DI PASAR AMERIKA SERIKAT DAN JEPANG
Competitiveness Of Indonesian Vaname Shrimp Exports In The United States And Japan
Abstract
Suatu negara berhasil dalam perdagangan Internasional ditunjukan dari daya saing produk di pasar internasional. Penelitian ini bertujuan menganalisis daya saing ekspor udang vaname sebagai produk unggulan Indonesia ke pasar Amerika Serikat dan Jepang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersumber dari Trade Map dengan kode HS 030617 dari tahun 2012 hingga tahun 2022. Alat analisis yang digunakan adalah metode Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor udang vaname Indonesia ke pasar Amerika Serikat dan Jepang memiliki daya saing, dikarenakan mutu dan kualitas yang lebih baik. Nilai efek daya saing positif karena udang Indonesia memiliki mutu yang lebih sehat dan masih relatif terbebas dari penyakit, serta faktor sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, eksistensi industri pendukung dan kondisi permintaan mendukung daya saing udang vaname di Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.