ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI ABON BERBASIS IKAN DI KOTA MATARAM

  • Baiq Bintari Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Bambang Dipokusumo Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Asri Hidayati Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: Nilai Tambah, Penyerapan Tenaga Kerja, Kendala

Abstract

Analisis Nilai Tambah dan Penyerapan Tenaga Kerja pada Agroindustri Abon Berbasis Ikan di Kota Mataram, bertujuan untuk : (1) Untuk menganalisis penyerapan tenaga kerja pada agroindustri berbagai jenis abon ikan di Kota Mataram, (2) Untuk mengkaji nilai tambah pada agroindustri dari berbagai jenis abon ikan di Kota Mataram, (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi pelaku usaha agroindustri abon ikan di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan teknik survei. Hasil penilitian ini menunjukkan: (a) Penyerapan tenaga kerja (HKO) masing–masing jenis abon ikan yaitu abon ikan  marlin(1), abon ikan marlin(2), abon ikn tuna(1), abon ikan tuna(2), abon ikan gabus, abon ikan tenggiri, abon ikan tongkol, abon ikan asin, abon ikan cakalang dan abon ikan lele, diurutkan; 0,10 HKO/kg dan 2,571 HKO/pp; 0,10 HKO/kg dan 2,857 HKO/pp; 0,10 HKO/kg dan 2,571 HKO/pp; 0,10 HKO/kg dan 1,714 HKO/pp; 0,10 HKO/kg dan 2,714 HKO/pp;  0,10 HKO/kg dan 2,571 HKO/pp;  0,10 HKO/kg dan 2,571 HKO/pp; 0,10 HKO/kg dan 2,429 HK0/pp; 0,10 HKO/kg dan 2,143 HKO/pp;  0,10 HKO/kg dan 2,000 HKO/pp. (b) Nilai tambah untuk abon ikan marlin(1), abon ikan marlin(2) abon ikan tuna(1), abon ikan tuna(2), abon ikan gabus, abon ikan tengiri, abon ikan tongkol, abon ikan asin, abon ikan cakalang dan abon ikan lele, diurutkan :               Rp 21.417/kg bb; Rp 26.317/kg bb; Rp 20.725/kg bb; Rp 24.975/kg bb;                    Rp 31.900/kg bb; Rp 15.150/kg bb; Rp 24.675/kg bb; Rp 14.325/kg bb; Rp 8.900/kg bb dan Rp 26.200/kg bb. (c) Kendala yang dihadapi adalah mendapatkan bahan baku ikan gabus. Disarankan kepada pelaku usaha abon ikan untuk mencoba memasarkan produk melalui media sosial agar jangkauan pemasaran produknya menjadi lebih luas dan mengharapkan terjadinya peningkatan permintaan produk agar terjadi penambahan tenaga kerja pada usaha agroindustri. Diharapkan pemerintah dapat membantu dalam memenuhi bahan baku yang sulit ditemukan, agar pelaku usaha dapat memenuhi permintaan pasar.

Cover depan V21 N2 Agustus 2020-1
Published
2020-09-24

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2