4. STRATEGI KOMUNIKASI DALAM RANGKA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI WARGA DAN PERANAN TOKOH MASYARAKAT DALAM PROGRAM MITRA PERTAMINA PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA (MP3D)

THE COMMUNICATION STRATEGY IN IMPROVING FAMILY ECONOMY (A DESCRIPTIVE STUDY ON THE PERCEPTION OF PEOPLE AND THE ROLE OF PUBLIC FIGURE IN THE PROGRAM MITRA PERTAMINA PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA (MP3D)

  • Dian Lestari Miharja Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: strategi komunikasi, komunikator, tokoh masyarakat, peran, pesan, persepsi, communication strategy, communicator, public figure, role, message, perception

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi, persepsi warga dan peranan tokoh masyarakat dalam memotivasi kelompoknya/ masyarakatnya dalam rangka mensukseskan program kegiatan KEM lahan kering MP3D di Desa Gumantar. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif, pengumpulan data pada informan dilakukan dengan teknik in depth-interview, observasi langsung, teknik cuplikan, dokumentasi dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan melalui tokoh masyarakat merupakan strategi komunikasi yang dipilih untuk melancarkan dan memudahkan proses komunikasi sosialisasi program, penyusunan sampai tahap realisasi tiap program. Tokoh masyarakat dipilih sebagai penyampai pesan (komunikator) karena pada masyarakat tradisional peran dan pengaruhnya masih sangat kuat dalam mengatur perikehidupan masyarakatnya, mendorong dan mengembangkan hasrat mengubah kehidupan ke arah kemajuan. Strategi komunikasi berikutnya adalah pada pesan yang berisikan informasi mengenai program. Program disampaikan secara bertahap (satu persatu), hal ini dimaksudkan agar tidak membingungkan warga dan menghindari kesan memberikan janji-janji tetapi tidak terealisasi. Persepsi warga masyarakat terhadap program KEM adalah positif. Peran tokoh lainnya adalah kesediaan secara sukarela memberi dukungan pelaksanaan program antara lain menyediakan tempat pertemuan karena belum ada balai pertemuan, menyediakan lahannya sebagai lahan bersama untuk belajar budidaya hortikulutra (sayuran).

ABSTRACT

 

 

            This research is aimed determining and explaining the communication strategy, the perception of people, and the role of public figure in motivating groups/community in supporting the success of Community Economics Activities of dry land farming by MP3D in Gumantar Village. This research is descriptive study. The data were collected through in-depth-interview, and direct observation, quoting, documenting and FGD techniques. The research showed that the approach through public figure is a good communication strategy in smoothing and facilitating the communication process during the disseminating, the planning and the implementing of each program. The public figure is chosen as message delivery persons (communicators) since their role and influence in traditional community are still strong in managing the community’s life. The next communication strategy is on how to communicate message consisting of information of the program. The program is informed one by one in order the information not confusing the community and to avoid the perception that this is only a promise that is not implemented. The perception of people on the program is positive. The other role of public figure is that they supported the implementation of program voluntary by providing their lands as place to learn horticulture.

Author Biography

Dian Lestari Miharja, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNRAM

Published
2018-06-28