1. The microfinance linkages in Indonesia: An overview and taxonomy

Keterkaitan lembaga pembiayaan mikro di Indonesia: suatu tinjauan kritis dan taksonomi

  • John D Conroy John D Conroy Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ketut Budastra Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: linkage kangan mikro dan Indonesia, microfinance linkage, and Indonesia, Indonesia

Abstract

Abstrak

Berbagai macam lembaga keuangan terlibat dalam hubungan-hubungan pelayanan jasa keuangan mikro (linkages) di Indonesia. Sebuah ‘linkage’ antar dua lembaga sederhana baik formal ataupun informal tidak dapat menjelaskan tata hubungan antar lembaga yang sebenarnya. Indonesia memiliki lembaga keuangan kecil formal yang jarang dijumpai di tempat lain. Banyak dari lembaga keuangan kecil formal tersebut terlibat dalam rantai-rantai hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan utama dan para pelaku keuangan di tingkat akar rumput.  Indonesia juga memiliki lembaga-lembaga ‘Apex’ yang didirikan untuk menciptakan hubungan-hubungan pelayanan keuangan mikro. ‘Linkages’ memiliki peran eksplisit dalam “Arsitektur Perbankan Indonesia” yang disusun oleh Bank Indonesia. Artikel ini menyusun taksonomi dari linkages di Indonesia, berdasar pada perbedaan-perbedaan akibat kekuatan pasar dan akibat pengaruh (kebijakan) pemerintah.

Abstract

A wide range of financial institutions engage in linkages in Indonesia. A simple formal/informal duality is inadequate to describe the nature of these arrangements. Indonesia has small, regulated financial institutions that have relatively few analogues elsewhere. Many of these engage in chain relationships with major financial institutions and grassroots financial actors. Indonesia also has apex institutions set up to create linkages, and linkages have an explicit role in a new ‘banking architecture’ being created by the central bank. The paper develops a taxonomy of linkages, based on a

distinction between arrangements that reflect market forces, and those occurring as the result of government or central bank initiative.

Author Biographies

John D Conroy John D Conroy, Fakultas Pertanian Universitas Mataram

The Foundation for Development Cooperation, Australia

Ketut Budastra, Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Department of Agribusiness, University of Mataram, Indonesia

Published
2018-05-19