JURNAL AGRIMANSION https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri <p>Jurnal ilmiah AGRIMANSION diterbitkan tiga kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember) oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram sebagai media informasi dan forum pengkajian masalah agribisnis dan sosial ekonomi pertanian.&nbsp; Naskah-naskah yang diterima adalah&nbsp;&nbsp;&nbsp; hasil penelitian, pemikiran/gagasan atau telaahan konseptual/teoritis yang mengkaji aspek-aspek agribisnis dan sosial ekonomi pertanian secara luas seperti manajemen produksi dan pemasaran produk pertanian, penyuluhan dan komunikasi pertanian, kebijakan pembangunan pertanian, perencanaan wilayah, analisis gender, gizi masyarakat dan sosiologi pedesaan.&nbsp; Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah diterbitkan atau dalam proses penerbitan pada publikasi apapun, baik dalam maupun luar negeri.Redaksi menerima naskah dalam bahasa Indonesia atau Inggris.</p> en-US anwar@unram.ac.id (ANWAR) mnursan@unram.ac.id (Muhammad Nursan) Wed, 03 Apr 2024 23:20:39 +0800 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 DINAMIKA KELOMPOK TANI TANAMAN PANGAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1604 <p>Awal tahun 2020, dampak <em>pandemi</em> covid-19 bagi perekonomian nasional mengalami tekanan. Selain mempengaruhi sektor kesehatan, pandemi Covid-19 juga berdampak pada sektor pertanian. Para petani di desa-desa menghadapi kesulitan dalam mengakses pasar untuk menjual produk mereka atau membeli bahan baku pertanian seperti pupuk, benih, dan pestisida karena keterbatasan suplai dan transportasi. Penelitian ini penting untuk mengevaluasi dinamika kelompok tani tanaman pangan setelah Pasca Covid-19 di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif, dengan jumlah responden yang akan diwawancarai sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok tani tanaman pangan setelah pandemi Covid-19 di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara tergolong dalam kategori sangat dinamis. Selama pandemi Covid-19, unsur pembinaan kelompok dari 56 (80%) responden dinilai tidak baik, sementara suasana kelompok dari 31 (44,29%) responden dinilai cukup baik, dan unsur rencana terselubung dari 70 (100%) responden dinilai tinggi. Namun, setelah pandemi Covid-19, semua unsur dinilai sangat baik, dengan rencana terselubung dari 70 (100%) responden dinilai tinggi.</p> Dedi Sanjaya, Hayati Hayati, Lalu Wiresapta Karyadi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1604 Wed, 03 Apr 2024 12:10:51 +0800 ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI TAHU DI KECAMATAN JONGGAT DAN KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1603 <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis Break Even Point (BEP), keuntungan, R/C ratio dan kelayakan usaha agroindustri tahu di Kecamatan Jonggat dan Kecamatan Praya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan teknik survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha tahu di Desa Puyung Kecamatan Jonggat, dan di Desa Aik Mual Kecamatan Praya yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Penentuan jumlah unit analisis ditentukan dengan menerapkan rumus “Slovin”, sedangkan jumlah responden di tiap desa ditentukan secara “proportional sampling”. Variabel dalam penelitian ini adalah produksi, harga per unit produk, biaya produksi, biaya variabel, dan biaya tetap. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan analisis deskriptif, analisis Break Even Point (BEP), dan keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keuntungan produsen agroindustri tahu di Kecamatan Jonggat yaitu Rp 554.523 per produksi atau Rp 16.635.724 per bulan lebih tinggi daripada rata-rata keuntungan di Kecamatan Praya yaitu Rp 298.923 per proses produksi atau Rp 8.967.713 per bulan. BEP di Kecamatan Jonggat 13,46 nampan/bulan, sementara BEP di Kecamatan Praya 31,19 nampan/bulan. Usaha agroindustri tahu di Kecamatan Jonggat dan Kecamatan Praya layak untuk diusahakan, dilihat dari R/C yang diperoleh di Kecamatan Jonggat sebesar 1,56 dan R/C di Kecamatan Praya yaitu sebesar 1,31.</p> Siti Nur Amirah, Taslim Sjah, Tajidan Tajidan ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1603 Wed, 03 Apr 2024 00:00:00 +0800 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AYAM TALIWANG KEMASAN KALENG PADA UD. DEPOT TALIWANG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1598 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor Internal dan Eksternal dalam pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng, serta menganalisis strategi pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng terbaik pada UD. Depot Taliwang Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis yang digunakan adalah UD. Depot Taliwang di Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Alat analisis menggunakan Analisis SWOT. Daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pertanyaan yang telah disediakan. Penentuan responden dalam penelitian ini secara Quota Sampling sebanyak 20 orang, sedangkan pengambilan responden secara Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Depot Taliwang berada pada kuadran I Stenghts-Opportunity (S-O) dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan untuk memperoleh peluang sebesar-besarnya. Terdapat faktor Internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor Eksternal (peluang dan ancaman) dalam pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng. Terdapat strategi pemasaran terbaik yaitu pemanfaatan media promosi baik itu secara Online maupun Offline. Saran yang bisa peneliti sampaikan antara lain: (1) Diharapkan bagi UD. Depot Taliwang lebih gencar dalam kegiatan promosi baik itu secara Online maupun secara Offline. (2) Diharapkan bagi UD. Depot Taliwang untuk tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk</p> Nina Sakinah, Ibrahim Ibrahim, Pande Komang Suparyana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/1598 Wed, 03 Apr 2024 00:00:00 +0800