PERAMALAN PENJUALAN MINUMAN LOVE JUICE PRODUK PT. KALBE FARMA TBK. DI KOTA MATARAM

  • Olivia Benedicta Karuna W Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • FX. Edy Fernandez Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Taslim Sjah Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
Keywords: Peramalan, Penjualan, Love Juice

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis perkembangan penjualan minuman Love Juice yang dipasarkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. di Kota Mataram, (2) menganalisis metode peramalan yang tepat untuk meramalkan penjualan minuman Love Juice pada PT. Kalbe Farma Tbk. di Kota Mataram, (3) Meramalkan penjualan minuman Love Juice tahun 2019 pada PT. Kalbe Farma Tbk. di Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Kalbe Farma Tbk.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis berupa produk minuman Love Juice oleh PT. Kalbe Farma Tbk. Cabang Kota Mataram dengan empat varian rasa, yaitu jambu biji, delima, jeruk, dan mangga. Penentuan daerah sampel ditentukan menggunakan purposive sampling dengan objek penelitian di PT. Kalbe Farma Tbk. Cabang Kota Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif, dengan sumber data yaitu data sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penjualan minuman Love Juice selama 5 tahun terakhir bersifat fluktuatif; (2) Metode peramalan yang tepat digunakan untuk meramalkan penjualan minuman Love Juice adalah metode Trend Least Square; (3) Peramalan penjualan minuman Love Juice rata-rata perbulan yaitu rasa jambu biji sebanyak 4.205.645 botol, rasa delima sebanyak 3.784.224 botol, rasa jeruk sebanyak 2.345.674 botol, dan rasa mangga sebanyak 6.667.340 botol.

Published
2021-04-11