ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP SAYURAN SEGAR DI HYPERMART LOMBOK EPICENTRUM MALL KOTA MATARAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli sayuran segar berdasarkan atribut sayuran segar, 2) Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dan wawancara, lokasi penelitian di Hypermart Lombok Epicentrum Mall Kota Mataram. Jumlah sampel sebanyak 5% dari rata-rata pengunjung Hypermart per hari yang ditentukan secara “Accidental Sampling”. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: Analisis Multiatribut Fishbein model TRA, dan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen terhadap produk sayuran segar berada pada perilaku yang netral, dilihat dari sikap dan norma subyektif konsumen, perilaku konsumen tersebut dipengaruhi oleh beberapa atribut yang secara berturut-turut sebagai berikut: kemasan/packaging, kebersihan, kecerahan warna, kesegaran, harga dan ketersediaan sayuran. 2) Proses pengambilan keputusan pembelian sayuran segar dimulai dengan tahap pengenalan masalah, yaitu karena persediaan sayuran sudah habis, informasi penjualan sayuran segar didapatkan konsumen langsung dari Hypermart, pada tahap evaluasi alternatif konsumen lebih mempertimbangkan ketersediaan sayuran, lalu pada tahap keputusan pembelian, konsumen memutuskan untuk berbelanja sayuran segar di Hypermart karena kualitas sayuran yang bagus. Pada tahap pasca pembelian sebagian besar konsumen merasa puas terhadap pembelian produk sayuran segar yang dilakukan dan akan melakukan pengulangan pembelian produk sayuran segar di Hypermart Lombok Epicentrum Mall.