ANALISIS EFISIENSI USAHATANI DAN PEMASARAN SAYURAN TOMAT DI KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Lalu Sampurna Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Abdullah Usman Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Siti Nurjannah Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: Usahatani Sayuran Tomat, Saluran Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa pendapatan usahatani sayuran tomat di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, (2) Untuk menganalisa efisiensi finansial usahatani sayuran tomat di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, (3) Untuk mengidentifikasi saluran dan efisiensi pemasaran sayuran tomat di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, (4) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh petani sayuran tomat yang ada di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Hasil penelitian menujukan bahwa: rata-rata pendapatan yang diperoleh petani sayuran tomat sebesar Rp 8,186,443 per luas Garapan. Usahatani tomat yang dilakukan oleh petani dapat dikatakan menguntungkan sehingga efisien untuk diusahakan (layak), dimana nilai R/C lebih dari 1. Nilai R/C per luas lahan garapan sebesar 3,4. Adapun Saluran Pemasaran Tomat di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 ada empat saluran pemasaran yaitu: (a) Petani  –  Pedagang Pengumpul – Pengecer  – Konsumen Akhir (Saluran I). (b) Petani – PedagangPengumpul – Pedagang Besar – Pengecer  –  Konsumen Akhir (Saluran II). (c) Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Konsumen Akhir  (Saluran III). (d) Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen Akhir (Saluran IV).

Masalah-masalah yang dihadapi oleh petani sayuran tomat diantaranya : (a) kurangnya peran dari balai penyuluhan pertanian terhadap petani sayuran tomat. (b) lembaga pemasaran dalam memasarkan tomat adalah kurangnya modal dan harga produk tomat yang rendah atau tidak menentu.

Published
2020-01-28