PERILAKU PASAR KOMODITAS INFLASI DAN FAKTOR PENENTUNYA DI KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Inflasi komoditas pertanian erat kaitannya dengan pembentukan harga pada tingkat konsumen akhir. Pembentukan harga merupakan interaksi perilaku pasar dengan strukturnya. Penelitian ini menganalisis proses interaksi antara lembaga pemasaran dan faktor-faktor penentunya. Penelitian ini menggunakan teori permainan dan analisis chi-square berdasarkan data dari pedagang beras dan bawang merah di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan harga komoditas terkait dengan strategi dominan, yaitu komunikasi antara pedagang. Strategi ini merupakan keseimbangan Nash karena memberikan hasil terbaik. Perubahan dalam pasokan dan komunikasi antar pedagang erat kaitannya dengan perilaku kenaikan harga. Di sisi lain, pengalaman perdagangan merupakan faktor penentu dalam perilaku penurunan harga.
Kata Kunci: perilaku, strategi, keseimbangan Nash
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.