ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AYAM TALIWANG KEMASAN KALENG PADA UD. DEPOT TALIWANG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM

  • Nina Sakinah Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ibrahim Ibrahim Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Pande Komang Suparyana Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Keywords: Ayam Taliwang, UMKM, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Beca Bero

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor Internal dan Eksternal dalam pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng, serta menganalisis strategi pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng terbaik pada UD. Depot Taliwang Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis yang digunakan adalah UD. Depot Taliwang di Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Alat analisis menggunakan Analisis SWOT. Daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pertanyaan yang telah disediakan. Penentuan responden dalam penelitian ini secara Quota Sampling sebanyak 20 orang, sedangkan pengambilan responden secara Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Depot Taliwang berada pada kuadran I Stenghts-Opportunity (S-O) dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan untuk memperoleh peluang sebesar-besarnya. Terdapat faktor Internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor Eksternal (peluang dan ancaman) dalam pemasaran Ayam Taliwang Kemasan Kaleng. Terdapat strategi pemasaran terbaik yaitu pemanfaatan media promosi baik itu secara Online maupun Offline. Saran yang bisa peneliti sampaikan antara lain: (1) Diharapkan bagi UD. Depot Taliwang lebih gencar dalam kegiatan promosi baik itu secara Online maupun secara Offline. (2) Diharapkan bagi UD. Depot Taliwang untuk tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk

Published
2024-04-03