ANALISIS MARKETING MIX PADA PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOPI KRAKATAU DESA PASURUAN LAMPUNG SELATAN

  • Satria Davala Universitas Bandar Lampung
  • Muhamad Emil Rachman Universitas Mataram
Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Analisis SWOT dan UMKM

Abstract

Kopi menjadi minuman tingkat ketiga yang dominan dikonsumsi di dunia setelah teh dan juga air.  Inovasi dan kreativitas dari kopi membuat komoditas tersebut menjadi sebuah produk yang gemar diekspor serta diperjualbelikan di seluruh dunia. UMKM Kopi Krakatau adalah perusahaan industri yang beroperasi pada sektor pertanian terkhusus kopi. Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan metode yang seimbang antara kuantitatif dan juga kualitatif dengan menggunakan marketing mix dan analisis strenght, weakness, opportunities dan threat (SWOT). Hasil dari penelitian pada marketing mix,dalam strategi produk perusahaan menjual produk seperti kopi bubuk dan kopi biji yang berkualitas sebagai produk andalan perusahaan. Dalam steategi harga,perusahaan menjual produk dengan harga yang sangat kompetitif di pasaran. Dalam strategi promosi, perusahaan melakukan penjualan online melalui sosial media serta promosi dari mulut ke mulut.Dalam strategi tempat, perusahaan memiliki media konvensional atau penjualan secara langsung dan melalui media e-commerce. Hasil penelitian untuk analisis SOWT pada tabel IFAS menhasilkan nilai 3,37 dan pada tabel EFAS menghasilkan nilai 3,41. Pada diagram SWOT, UMKM Kopi Krakatau menempati posisi kuadran I (Growth Oriented Strategy) atau pertumbuhan yang agresif. Pada penelitian initelah menghasilakn 11 alternatif startegi yang dapat diterapkan pada UMKM Kopi Krakatau.
Published
2024-04-30