SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: FAKTOR PENENTU PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYUR ORGANIK DI INDONESIA
Abstract
Perubahan gaya hidup sehat telah menjadi tren di masyarakat modern. Masyarakat lebih memilih dalam mengkonsumsi produk organik termasuk sayuran organik. Perubahan dalam gaya hidup masyarakat memperkuat minat konsumen terhadap produk organik sehingga hal ini mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi sayuran organik.penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui metode tentang perilaku konsumen dalam pembelian sayuran organik, 2) mengetahui perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik, dan 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik. Metode dalam penelitian ini menggunakan Studi Kajian Literatur (Systematic Literature Review) dengan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis). Artikel diperoleh melalui publish or perish yang kemudian dilakukan penyaringan artikel sesuai dengan konsep penelitian. Artikel diseleksi sesuai dengan kata kunci yang digunakan dalam penelitian dan dianalisis sesuai dengan rumusan masalah penelitian serta dilakukan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) teknik analisis data yang paling sering digunakan adalah analisis regresi logistik, 2) perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik dipengaruhi oleh beberapa faktor determinan meliputi faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis, 3) faktor yang paling mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian sayuran organik adalah faktor pribadi. Dengan mengetahui lebih rinci terkait faktor-faktor yang berpengaruh dalam perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik, hal ini dapat dijadikan acuan untuk merancang strategi pemasaran yang efisien untuk pasar sayuran organik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.