ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA AGROWISATA JAPRIFARM, KOTA MATARAM

  • Rifani Nur Sindy Setiawan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Anna Apriana Hidayanti
  • Eka Nurminda Dewi Mandalika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Japrifarm dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui angket maupun google form yang berisi daftar pertanyaan pada pengunjung, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung sudah merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak Agrowisata Japrifarm. Dimensi kualitas pelayanan bukti fisik dan jaminan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Japrifarm. Sedangkan dimensi kualitas pelayanan kehandalan dan ketanggapan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Japrifarm. Nilai R-Square sebesar 55,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengunjung Agrowisata Japrifarm dapat dijelaskan oleh dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, dan jaminan sebesar 55,9%.
Published
2023-12-23