PARTISIPASI ISTRI NELAYAN PADA KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF DI KECAMATAN AMPENAN

  • Camila Camila Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Anwar Anwar Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Sri Supartiningsih Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
Keywords: partisipasi, kontribusi, istri nelayan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengindentifikasi jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh istri nelayan, mengetahui partisipasi istri nelayan pada kegiatan ekonomi, dan menganalisis kontribusi pendapatan istri nelayan terhadap pendapatan rumahtangga nelayan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan unit analisis rumahtangga nelayan di pesisir Pantai Ampenan. Penentuan daerah sampel dengan tehnik purposive sampling yaitu Kelurahan Bintaro, yang meliputi Lingkungan Bugis, Pondok Perasi dan Bintaro. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Biaya dan Pendapatan, Partisipasi dan Kontribusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jenis kegiatan ekonomi produktif yang dilakukan istri nelayan meliputi: pedagang ikan, sembako, serabi, nasi, jajan dan pedagang sayur; buruh cuci, buruh pindang, pembantu rumahtangga, pengasuh anak, penjaga toko, dan karyawan loundry. Istri nelayan memanfaatkan peluang bekerja pada kegiatan ekonomi produktif dengan rata-rata partisipasi 261,31 HKO (71,59%) per tahun. Rata-rata pendapatan rumahtangga nelayan sebesar Rp 162.657.038 per tahun dengan rata-rata kontribusi pendapatan perempuan sebesar 6,72% dari total pendapatan rumahtangga.
Disarankan untuk meningkatkan pendapatan istri nelayan khususnya di Kecamatan Ampenan kepada pemerintah melalui satuan kerja terkait sehingga dapat meningkatkan partisipasi istri nelayan pada berbagai kegiatan ekonomi produktif.

Jurnal Agrimansion Desember 2020
Published
2020-11-20